Senin, 18 Maret 2013

Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

Assalammu'alaikum Sobat Dumai ^_^
Kali ini diriku (lebay.com :D) akan ngebahas tentang "Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia."

Sistem pencernaan makanan pada manusia terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan yang berhubungan dengan proses pencernaan makanan. Makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak akan mengalami proses pencernaan sehingga diperoleh sari-sari makan, sedangkan makanan yang mengandung vitamin, air, dan mineral tidak dicerna karena dapat langsung diserap usus.
  

A.Organ-organ pencernaan pada manusia terdiri dari :
1.       Mulut (cavum oris)
          Didalam mulut terdapat gigi, lidah dan kelenjar ludah.
         
          a.       Lidah (lingua)
Lidah terletak pada dasar mulut dan terikat pada tulang lidah. Lidah tersusun oleh otot lurik yg diselubungi oleh selaput mukosa. Pada lidah terdapat papila-papila (tonjolan) yang merupakan idra pengecap. Fungsi lidah yaitu sebagai indra pengecap, membantu mengunyah makanan didalam rongga mulut, membantu mendorong makanan pada waktu penelanan, dan membantu bersuara.
                   
          b.       Kelenjar ludah (glandula salivales)
·        Kelenjar parotis, menghasilkan ludah berbentuk air yg mengandung amilase dan terletak didekat telinga.
·        Kelenjar submandibularis, mengandung air dan lendir untuk  membasahi makana dalam mulut , terletak di rahang bawah.
·        Kelenjar sublingualis,  menghasilkan getah yg mengandung air dan lendir, terletak tepat dibawah lidah.
·         

c.       Gigi
          Gigi manusia tertanam pada rahang dan terlindung oleh gusi. Gigi ter
Diri dari 3 bagian yaitu mahkota gigi, leher gigi, dan akar gigi. Gigi manusia dilindungi oleh lapisan yg keras yg disebut email (bukan email surat elektronik :D). Didalam email terdapat tulang gigi yang terbuat dari jaringan berwarna kekunungan yg disebut dentin. Pelapis dentin yg masuk jedalam rahang disebut sementum/semen (bukan semen bahan bangunan :D). Adapun dibagian dalam gigi terdapat rongga gigi yg disebut pulpa yg berisi serabut saraf dan pembuluh darah. Jumlah gigi susu ada 20 sedangkan gigi orang dewsa ada 32. Gigi berfungsi dalam proses mengunyah makanan. Coba sobat Dumai bayangkan jika sobat tidak punya gigi!!! Pasti wkwk :D serba salah. Untuk itu menjaga gigi sangatlah penting.
 

2.       Kerongkongan (esofagus)
Kerongkongan merupakan saluran memanjang yg menghubungkan faring dg lambung. Esofagus berupa tabung otot yg panjangnya sekitar 25 cm, memanjang dari akhir rongga mulut hingga lambung.

3.       Lambung (ventrikulus)
Lambung berupa kantong besar yg terletak didalam rongga tubuh dibawah tulang rusuk agak ke kiri.
Lambung terdiri dari 3 bagian utama yaitu :
a.      Kardia, terletak di sebelah atas dekat hati.
b.     Fundus, bagian yg membulat dan letaknya ditengah.
c.      Pilorus, bagian yg letaknya di dekat usus.

4.       Usus Halus (intesnium)
Usus halus terletak diantaralambung dan usus besar. Usus  halus merupakan saluran pencernaan yg terpanjang yaitu sekitar 6-8 m. Waaaww panjang bener  ya Sobat Dumai. Usus ini terdiri dari 3 bagian yaitu duodenum (usus 12 jari) yg panjangnya sekitar 25 cm, jejunum sekitar 7 cm, dan ileum sekitar 1 m. Di dalam usus halus inilah terjadi penyerapan sari-sari makanan.

5.       Usus Besar (colon)
Panjang usus besar sekitar 1,5 m dan lebarnya 5-6 cm. Usus besar terdiri dari 3 bagian yaitu colon ascendens (bagian usu yg naik), colon transversal (bagian usu yg mendatar), dan colon descendens ( bagian usus yg menurun). Dibawah pertemuan antara usus halus dan usus besar terdapat usus buntu. Pada usus buntu terdapat umbai cacing atau apendiks. Bagian akhir usus besar adalah rektum, yaitu tempat penyimpanan feses (poop) untuk sementara. Feses akan dikeluarkan dari rektum melalui anus, ini disebut proses defekasi.
         
6.       Anus
Anus adalah bagian atau muara akhir dari saluran pencernaan yg terletak di dasar pelvis. Dari lubang ini, sisa-sisa makanan yg tidak dicerna yaitu feses dikeluarkan dari dalam tubuh.

B. Kelenjar pencernaan (glandula digestoria)
Kelenjar pencernaan berperan dalam menghasilkan enzim-enzim pencernaan.Dalam sistem pencernaan manusia terdapat bermacam-macam kelenjar pencernaan antara lain kelenjar parotis, submandibularis, sublingualis, saliva, hati, dan prankreas. Hati dan prankreas merupakan dua kelenjar pencernaan yg bekerja sama dalam pengaturan kadar gula dalam darah. Di mana cara hati mengatur keseimbangan zat makanan dalam darah adalah bekerja sama dengan insulin dan glukagon yg dihasilkan oleh prankreas. Bila kadar guladarah berlebihan, insulin akan merangsang hati untuk mengarbsorbsi glukosa dan mengubahnya menjadi glikogen. Dengan begitu, kadar glukosa darah menjadi normal kembali.

#Semoga bermanfaat ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Electricity Lightning